Nigarin adalah ekstrak air laut yang mengandung mineral mikro yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nigarin memiliki kandungan lebih dari 80 jenis mineral termasuk Magnesium, Kalium, Zinc, Kalsium, Natrium, Yodium, Selenium, dan Cesium.

Rabu, 12 Oktober 2011

Tahu Nigarin Merambah Malang Selatan




Dari hari ke hari permintaan pelatihan pembuatan tahu nigarin terus bertambah. Permintaan pelatihan bisa datang dari pemerintah maupun swasta dan akhir-akhir ini permintaan juga datang dari perorangan.

Sasaran pelatihan meliputi pelajar, mahasiswa, santri pondok pesantren, para ustad maupun pengelola dan penanggung jawab ponpes, guru, karyawan, pengusaha UMKM, pra purna tugas, dan ibu rumah tangga.

Bagi sebagian besar orang kata 'NIGARIN' masih terasa asing, apalagi jika dirangkai dengan kata 'TAHU' - tahu nigarin, semakin menambah rasa keheranan, karena yang dikenal orang kebanyakan hanya TAHU saja, selebihnya yang diketahui oleh orang umum adalah tahu takwa (kediri) tahu Sumedang, lalu apa sih sebenarnya tahu nigarin itu?

Tahu Nigarin adalah tahu yang proses pembuatannya dengan menggunakan NIGARIN (Sari Air Laut). Biasanya tahu yang kita kenal selama ini proses pembuatannya menggunakan CUKA. Memang tahu yang dibuat dengan CUKA biayanya sangat murah. Tapi TAHU dengan cuka sangat boros air dalam proses pembuatannya. Limbahnya pun sangat mengganggu lingkungan sekitar. Dan yang sangat tidak dianjurkan efek cuka nya bisa menyebabkan asam lambung. TAHU nigarin sangat hemat air, 1 kg kedelai hanya membutuhkan 7-10 liter air saja.

Tahu nigarin diproses tanpa limbah, tidak berbau, dengan demikian proses pembuatan tahu nigarin sangat ramah lingkungan. Bahkan ampasnya masih bisa dijadikan lauk pauk tinggal membumbuhi seperti bumbu perkedel. Atau ampasnya bisa dijadikan makanan ternak.

Selama Ramadhan kemarin tahu nigarin telah disosialisaikan ke kota-Kabupaten di Jawa Timur. Tadi pagi Pelatihan Kewirausahaan dan dilanjutkan proses pembuatan tahu nigarin di Aula Kemenag Kab. Malang bagi santri pondok pesantren di wilayah Kab. Malang. Sore tadi saya bersama Tim mengenalkan proses pembuatannya di Desa Sumber Kotes Kec. Gedangan Kab. Malang. Sesampai di rumah sudah ditunggu temannya temen saya yang sudah biasa produksi tahu cuka. Dia kepingin tahu bagaimana proses pembuatan tahu nigarin.

1 komentar:

  1. Saya kebetulan akan berkunjung ke Malang dan sangat tertarik dengan pembuatan TAHU NIGARIN.Dimana saya bisa membeli NIGARIN di daerah Malang?. Mohon informasinya. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus